Jumat, 16 Januari 2009

PEMIMPIN OTOKRATIK DAN DEMOKRATIK

PEMIMPIN OTOKRATIK DAN DEMOKRATIK

Salah satu pendekatan pada karakteristik pemimpin adalah mempelajari pemimpin otokratik dan demokratik.
Seorang pemimpin otokratik adalah seseorang yang cenderung untuk mensentralisasi otoritas dan mengendalkan kekuatan legitimasi, penghargaan dan koersif.
Seorang pemimpin demokratik adalah mendelegasikan otoritas kepada orang lain, mendorong partisipasi, dan mengandalkan kekuatan keahlian dan referensi untuk mempengaruhi bawahan.
Studi pertama kali tentang karakteristik kepemimpinan ini dilakukan di Iowa State University oleh Kurt Lewin dan kawan-kawannya. Studi ini membandingkan pemimpin otokratik dan demokratik, dan menghasilkan beberapa penemuan yang menarik. Kelompok yang dipimpin oleh pemimpin yang otokratik berkinerja sangat baik selama pemimpin hadir mengawasi mereka. Namun, anggota kelompok tidak senang dengan kehadiran gaya kepemimpinan otokratik dan perasaan bermusuhan seringkali muncul. Kinerja kelompok yang dipimpin oleh pemimpin demokratik hampir sama baik, dan dicirikan dengan perasaan positif dan bukan permusuhan. Sebagai tambahan, dibawah kepemimpinan demokratik, anggota kelompok berkinerja dengan baik, bahkan ketika pemimpin tidak hadir dan meninggalkan kelompok sendiri.
Teknik partisipatif dan aturan utama dalam pembuatan keputusan yang digunakan oleh pemimpin demokratik adalah untuk melatih dan melibatkan semua anggota kelompok, hingga mereka berkinerja baik dengan atau tanpa kehadiran pemimpin. Karakteristik kepemimpinan demokratik ini menjelaskan mengapa pemberdayaan karyawan menjadi tren populer dalam perusahaan kini.

2 komentar:

  1. Cukup bagus ulasan yang Anda paparkan.
    Tapi menurut saya, ulasan Anda kurang banyak dan luas.
    terima kasih...

    BalasHapus
  2. contoh kasusnya donk untuk kepemimpinan demokratik dan otokratik di indonesia.....

    BalasHapus

Saya persilahkan Anda untuk meng-copy file yang ada di sini. Namun saya juga berharap Anda memberi komentar pada tulisan ini. Terimakasih